Selasa, 17 September 2013

Pentingnya Mengkonsumsi Probiotik Setelah Antibiotik dan Alasan Penting Mengkonsumsi Probiotik

Pentingnya Mengkonsumsi Probiotik Setelah Antibiotik 

 http://www.probioterra.com/artikelberita/artikel-bioterra/

Pentingnya_Mengkonsumsi_Probiotik_Setelah_Antibiotik.jpg
Kebanyakan dari kita pasti pernah minum antibiotik untuk menyembuhkan demam karena infeksi bakteri, atau sebagai upaya pencegahan bakteri setelah operasi atau luka luar. Kita menggunakan obat “perkasa” ini karena dianjurkan oleh para profesional di bidang kesehatan, bahwa kita harus mengkonsumsinya. Toh, siapa yang mau ambil risiko terkena infeksi parah ketika hal itu bisa dihindari dengan mudah? Antibiotik sangat ampuh menjalankan fungsinya: membunuh bakteri. Sayangnya, antibiotik tidak dapat membedakan mana bakteri jahat dan mana bakteri baik. Semua dilibas!!
Apa yang Tidak Diberitahukan Dokter Anda?
Terdapat lebih dari 100 miliar bakteri baik di dalam tubuh kita yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, khususnya pada kekebalan tubuh dan pencernaan. Banyak dari bakteri baik ini ikut musnah saat antibiotik masuk ke dalam tubuh kita dan oleh karena itu kita perlu menggantinya sesegera mungkin. Cara paling baik adalah dengan mengkonsumsi probiotik, yang mengandung bakteri baik yang akan menggembalikan jumlah bakteri baik dalam pencernaan.
Anda akan sangat jarang menemukan dokter yang menyarankan hal ini, saat memberi resep antibiotik pada anda. Bagaimana pun juga, jika anda tidak menghiraukan kondisi bakteri baik dalam tubuh anda, Anda akan memiliki resiko infeksi ulang yang tinggi, karena menurunnya kinerja sistem kekebalan tubuh akibat berkurangnya bakteri baik. Jadi, tindakan terbaik adalah mengkonsumsi probiotik setelah mengkonsumsi antibiotik. Namun anda perlu memberikan waktu jeda beberapa jam antara konsumsi antibiotik dangan probiotik.
Makanan dan Suplemen Probiotik
Probiotik ada dalam berbagai jenis makanan seperti yoghurt dan kefir. Selain makanan alami juga terdapat produk-produk suplemen probiotik, yang memang dibuat dengan tujuan memasok probiotik ke dalam tubuh. Salah satunya adalah BioTerra. BioTerra memiliki kultur bakteri baik yang seimbang dan memiliki kepadatan populasi bakteri baik yang tinggi.
Antibiotik Alami
Adakalanya kita benar-benar membutuhkan antibiotik untuk mengatasi penyakit kita. Bagaimanapun juga, antibiotik seringkali digunakan dengan alasan yang tidak terlalu kuat sehingga malah menimbulkan kerusakan daripada perbaikan. Beberapa infeksi bakteri dapat disembuhkan secara alami. Jadi ketika anda mengalami demam anda tidak perlu ke dokter meminta antibiotik, yang kebanyakan dokter akan memberi anda antibiotik tanpa keraguan. Anda cukup menggunakan makanan alami berikut sebagai pertolongan pertama. Salah satu antibiotik alami yang dikenal ampuh mengatasi infeksi bakteri jahat adalah bawang putih dan teh hijau. Kita tidak perlu khawatir bahwa bakteri baik dalam tubuh kita akan mati karena mengkonsumsi antibiotik alami. Tidak seperti antibiotik kimia sintetis, antibiotik alami hanya menyerang bakteri-bakteri jahat. Anda bisa mengkonsumsinya saat anda sakit atau sebagai bentuk pencegahan tanpa harus khawatir pada efek sampingnya.
Probiotik Tetap Perlu
Kendati telah mengkonsumsi antibiotik alami yang sifatnya tidak ikut membunuh bakteri baik, konsumsi probiotik tetap perlu karena bisa jadi kondisi bakteri baik dalam tubuh orang yang sakit tidak begitu memadai. Dengan konsumsi probiotik, maka jumlah bakteri baik dapat ditingkatkan untuk mendorong sistem kekebalan tubuh memberikan perlindungan optimal bagi tubuh terhadap ancaman unsur-unsur yang membahayakan seperti virus, bakteri jahat, toksin, jamur, parasit, dan lain sebagainya.


Alasan Penting Mengkonsumsi Probiotik

Alasan_Penting_Mengkonsumsi_Probiotik.jpg
Konsumsi probiotik dalam menjaga kesehatan tubuh selama ini dipandang sebelah mata oleh para praktisi kesehatan, baik dokter maupun terapis pengobatan alternatif. Padahal keberadaan bakteri di dalam perut kita memiliki pengaruh besar pada kesehatan tubuh secara keseluruhan, bahkan juga mempengaruhi kesehatan mental.
Terdapat 400 hingga 500 spesies bakteri yang mendiami sistem pencernaan, yang apabila dikeluarkan dan dihamparkan akan menutupi satu lapangan tenis. Bila ditimbang, bakteri yang ada dalam saluran pencernaan mencapai 1,3 kg. Dalam kondisi sehat, jumlah bakteri menguntung di dalam saluran pencernaan lebih banyak dibandingkan bakteri merugikan. Sebaliknya, ketika jumlah bakteri merugikan lebih banyak dibanding bakteri menguntungkan maka tubuh akan sakit yang dimulai dari tidak sehatnya saluran pencernaan.
Saluran pencernaan yang tidak sehat dapat disehatkan dengan menaikkan jumlah bakteri menguntungkan di dalamnya. Caranya adalah dengan mengkonsumsi probiotik. Sebab, probiotik mensuplai tubuh dengan bakteri-bakteri menguntungkan yang akan mengembalikan keseimbangan prosentase mikroba di saluran pencernaan. Dengan saluran pencernaan yang kembali sehat, maka tubuh dapat sembuh dari banyak penyakit. Itu salah satu alasan kenapa kita harus mengkonsumsi probiotik secara teratur.
Selain membantu menyehatkan saluran pencernaan, probiotik juga memiliki berbagai fungsi lain. Probiotik menstimulus reaksi sistem imun di seluruh tubuh, termasuk mengaktifkan Sel T (sel darah putih yang mencegah infeksi), untuk melawan segala unsur yang mengancam dan membahayakan tubuh. Untuk mencapai kondisi sehat, komposisi bakteri dalam tubuh kita minimalnya 85% harus berupa bakteri baik. Sisanya, boleh patogen. Sebab, 2/3 lebih sistem imun bergantung pada keberadaan bakteri-bakteri baik ini. Ini alasan kedua mengapa kita musti mengkonsumsi probiotik secara teratur.
Secara umum, setidaknya ada sepuluh alasan lain mengapa kita perlu mengkonsumsi probiotik setiap hari:
1. Probiotik meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah uji klinis yang melibatkan pasien dalam perawatan intensif membuktikan bahwa probiotik hidup dapat mencegah multiple organ disfunction syndrome (MODS) yang merupakan penyebab nomor satu kematian pasien dalam perawatan intensif.
2. Probiotik meningkatkan kemampuan air susu ibu (ASI) dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak, bila dikonsumsi sebelum dan sesudah kehamilan. Bila menyusui tidak memungkinkan, probiotik dapat dicampurkan ke dalam susu formula bayi.
3. Probiotik dapat menyembuhkan berbagai penyakit radang dalam usus.
4. Probiotik dapat mengatasi celiac disease dan gluten sensitivity.
5. Probiotik dapat meningkatkan kualitas pangan yang kita makan, juga dapat mencegah dampak buruk dari makanan olahan kimiawi miskin serat yang kita makan.
6. Probiotik mencegah terjadinya infeksi saluran pencernaan, sebab probiotik dapat menekan keberadaan bakteri jahat agar jumlahnya tidak melebihi 15%.
7. Probiotik dapat menyeimbangkan prosentase bakteri dalam usus, yang mana hal ini membantu memproduksi enzim dalam jumlah memadai untuk mencegah pertumbuhan kanker dan tumor.
8. Probiotik dalam jumlah cukup dapat mencegah kerusakan radiasi karena proses sinar X atau CT Scan pada usus.
9. Probiotik dapat mensuplai kembali bakteri menguntungkan yang habis karena penggunaan antibiotik.
10. Probiotik dapat mengatasi kasus hiperaktif dan autisme pada anak, karena probiotik dapat meredakan ketegangan syaraf, menenangkan, dan memperbaiki respon syaraf yang terganggu. Dalam hal ini, probiotik bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik tapi juga kesehatan psikis.
Probiotik bisa didapatkan dari makanan sehari-hari ataupun dari makanan suplemen khusus probiotik. Contoh makanan sehari-hari yang mengandung probiotik yaitu tempe, coklat gelap, susu kedelai, yoghurt, kimchi, dll. Suplemen khusus probiotik juga sudah banyak beredar di masyarakat. Salah satunya adalah BioTerra. BioTerra merupakan suplemen probiotik yang khasiatnya terjamin serta telah melewati pengujian laborat yang ketat dan terbukti secara pra klinis dapat mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. Hebatnya, selain merupakan suplemen probiotik, BioTerra juga mengandung prebiotik (sumber nutrisi probiotik) yang mendorong probiotiknya bekerja lebih baik dan produktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar